FAKULTAS KESEHATAN UNIQHBA

Maju bersama membangun bangsa

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home

Mahasiswa STIKES Qamarul Huda KKL di Kab.Lombok Utara

E-mail Print PDF
Sebanyak 115 orang mahasiswa STIKES Qamarul Huda Bagu, Lombok Tengah yang terdiri dari tiga program studi ( S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan D3 Perekam Medis dan Sistem Informasi Kesehatan) diterjunkan di empat lokasi desa di Kabupaten Lombok Utara (KLU) untuk melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).  Ketua Stikes, H. Menap, SKP. M.Kes memimpin langsung rombongan  KKL menuju KLU. Penerimaan mahasiswa dilakukan secara resmi oleh Bupati Lombok Utara, Drs Ridwan Hidayat, di Aula Kantor Bupati Lombok Utara hari Senin Tanggal 22 Maret 2010.
Dalam sambutannya, Bupati menekankan pentingnya mahasiswa untuk mampu menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat sehingga semua program yang akan dijalankan dapat diterima dengan baik. Selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai nilai-nilai adat budaya serta religius dari masyarakat setempat. Mahasiswa juga diberikan pengetahuan yang cukup mengenai potensi sumber daya yang ada di Kabupaten ini dengan harapan agar mahasiswa dapat memabantu masyarakat dan pemerintah daerah untuk menggali dan mengembangkan potensi tersebut untuk tujuan pembangunan kesehatan.
 
Acara penyerahan juga dilakukan di dua kantor camat yaitu camat Pemenang dan camat Tanjung. Secara umum, mahasiswa dapat diterima dengan sangat baik oleh masyarakat dan aparat setempat. Hadir dalam acara serah terima di kantor camat adalah para kepala desa dimana KKL diselenggarakan.Untuk Kecamatan Pemenang, desa lokasi KKL adalah desa Pemenang Barat dan Desa Malaka. Sedangkan untuk Kecamatan Tanjung dipilih lokasi desa Teniga dan desa Medana. Lokasi ini adalah lokasi yang ditentukan oleh Dinas Kesehatan setempat karena teridentifikasi mengalami masalah kesehatan yang cukup banyak. Diharapkan kehadiran mahasiswa Stikes Qamarul Huda akan dapat membantu percepatan peningkatan status kesehatan masyarakat desa.
 
Kepala Unit Litbang dan Pengabmas Stikes Qamarul Huda, Sastrawan, SKM, MHA, yang juga adalah ketua panitia KKL, menjelaskan bahwa inti kegiatan KKL ini adalah pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu untuk membantu masyarakat untuk meidentifikasi permasalahan yang dihadapi, membantu masyarakat untuk menyusun prioritas permasalahan, serta membantu masyarakat untuk menyusun rencana intervensi sekaligus bersama dengan masyarakat melaksanakan semua yang telah direncanakan bersama.
 
KKL ini direncanakan akan selesai pada tanggal 29 April 2010. Selanjutnya mahasiswa akan kembali ke kampus untuk mempersiapkan Skripsi bagi Prodi S1 dan Karya Tulis Ilmiah bagi Prodi D3
 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan QAMARUL HUDA - Bagu, Pringgarata - Lombok Tengah - NTB
Copyright : STIKES QAMARUL HUDA @ 2015